oleh

Baubau Punya Tempat Pemasaran Ikan Higienis

Reporter: Adhil
Editor: La Ode Adnan Irham

BAUBAU – Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin MH, didampingi perwakilan Kementerian Kelautan dan Perikanan, perwakilan nelayan Kota Baubau, meresmikan tempat pemasaran ikan higienis di Kelurahan Wameo, Kecamatan Batupoaro, Selasa 4 Februari 2020.

AS Tamrin mengatakan, adanya tempat itu, diharapkan mutu, kesehatan dan kualitas ikan lebih terjamin serta lebih aman dikonsumsi.

Hadirnya tempat pemasaran ikan, tentu membawa dampak positif bagi Pemerintah Kota Baubau dalam hal pengawasan penjualan ikan, sementara bagi nelayan, ikan yang dihasilkan bisa tertampung dan disimpan di dalam mesin pendingin.

“Semoga hadirnya tempat pemasaran ikan higienis itu, bisa membantu peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) Kota Baubau melalui sektor perikanan. Apalagi dibeberapa tahun terakhir, banyak terjadi kebocoran PAD khusus dari sektor perikanan,” katanya.

Wali Kota Baubau, Dr H AS Tamrin MH, meninjau kondisi tempat pemasaran ikan higienis Kota Baubau, Selasa 04 Februari 2020. Foto: Adhil/Mediakendari.com

Pengelola tempat pemasaran ikan, wajib berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya. Karena pertumbuhan sektor perikanan Kota Baubau, sangat membutuhkan dukungan dari seluruh instasi terkait mulai dari tingkat daerah hingga pusat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Baubau, Sitti Munawar, sebagai pejabat kepala dinas yang baru, berjanji memajukan sektor perikanan Kota Baubau dan memajukan sumber pendapatan daerah melalui sektor perikanan.

“Alhamdulillah, secara pelahan-lahan sumber perikanan kita sudah mulai alami peningkatan. Kita juga mulai membenahi tempat pelenangan ikan, tempat pendingin ikan, kita juga mulai operasikan pabrik es yang awalnya sempat tidak berfungsi,” paparnya.

Dia yakin dengan bantuan dan dukungan semua pihak, Kota Baubau melalui sektor perikanan akan terus membaik.

Dinasnya juga akan berupaya menjadikan sektor perikanan, sebagai salah satu sumber pemasukan untuk daerah. (B)

Terkini