oleh

Dinkes Baubau Siapkan Ribuan Alat Rapid Test untuk Kelompok Prioritas

-BAUBAU-300 dibaca

Penulis : Ardilan

BAUBAU – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan ribuan alat rapid test Covid-19 untuk kelompok masyarakat prioritas di daerah itu.

Kepala Dinkes Kota Baubau, Wahyu mengungkapkan kelompok prioritas dimaksud yaitu warga yang hendak berangkat ke luar kota seperti mahasiswa, petugas pemerintah dengan surat tugas dan warga yang memiliki keperluan mendesak.

“Misalnya karena (Keperluan mendesak) ada keluarga yang sakit di daerah lain. Namun jika ada warga yang butuh layanan rapid di luar kelompok itu, kalau saya selama masih ada stoknya, kami tidak pernah menolak (warga) baik di Dinas maupun di Puskesmas,” ucap Wahyu, Rabu 04 November 2020.

Mantan Plt Kepala Dinas Perhubungan Kota Baubau itu menegaskan pihaknya selalu memberikan layanan rapid test gratis kepada warganya. Ia mengaku pihaknya sejak awal pandemi hingga saat ini tidak pernah memungut biaya rapid.

“Kalau yang dari Pemerintah, tidak pernah memungut biaya. Tapi Kalaupun ada (biaya) berarti itu fasilitas swasta,” ujarnya.

Ia menyebut, 7.300 buah alat rapid test itu dibeli dengan anggaran atau dana terakhir dari Dinkes Kota Baubau. Wahyu mengakui pihaknya sempat kehabisan stok alat rapid test. Namun dengan adanya stok rapid pihaknya bisa memberikan pelayanan rapid test baik di Dinas maupun Puskesmas.

“Alat rapid test tersebut telah datang beberapa hari lalu dan selanjutnya sebagian akan didistribusikan ke seluruh Puskesmas untuk melayani kelompok warga prioritas,” imbuhnya.

Terkini