oleh

Gugus Covid-19 Baubau Anggap Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Penulis : Ardilan

Redaksi

BAUBAU – Satuan tugas (Satgas) Gugus Covid-19 Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) menganggap masyarakat di daerah itu telah mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Anggapan ini terlihat dari menurunnya tren penyebaran kasus Covid-19 di Kota Baubau ditandai dengan sejumlah Kecamatan yang sebelumnya zona merah perlahan berubah menjadi zona jingga dan hijau.

Wakil Ketua III Satgas Covid-19 Kota Baubau, Roni Muhtar menilai kondisi wilayah yang tidak lagi zona merah merupakan tren positif hasil kerja sama dari semua pihak mulai dari pemerintah hingga TNI/Polri yang bekerja secara satu kesatuan di satgas Covid-19 Baubau.

Roni mengatakan tren positif tersebut tidak terlepas dari penerapan memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, mengurangi mobilitas serta menghindari kerumunan serta testing, tracing dan treatment.

“Masyarakat semakin disiplin untuk mau melindungi diri dan keluarga dari potensi paparan virus corona. Kesadaran masyarakat untuk vaksin juga mulai meningkat,” ungkap Roni Muhtar dalam keterangannya Senin, 16 Agustus 2021.

Ia menjelaskan bila sebelumnya masyarakat menganggap vaksin tidak penting, tidak ada gunanya dan hoax, saat ini vaksin menjadi hal yang diperlukan masyarakat dalam kehidupan untuk hidup berdampingan dengan Covid-19.

Roni mengklaim tenaga vaksinator diseluruh fasilitas kesehatan kewalahan melayani banyak permintaan vaksin dari masyarakat.

“Dengan adanya perpanjangan PPKM Mikro, kami akan mengintenskan kinerja satgas hingga di tingkat Kota, Kecamatan, Kelurahan hingga RT/RW. Selain kita tetap memantau masyarakat yang terpapar juga melakukan identifikasi terhadap warga yang belum di vaksinasi,” pungkasnya.

Terkini