Gugus Covid-19 Baubau Waspadai Tiga Kecamatan

Reporter: Ardilan / Editor: La Ode Adnan Irham

BAUBAU – Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) fokus melakukan pencegahan berupa penyemprotan disinfektan dan edukasi di wilayah zona merah di daerah itu.

Anggota Gugus Covid-19 Kota Baubau, Wahyu mengatakan sejauh ini ada tiga Kecamatan yang tercatat sebagai zona merah berdasarkan peta sebaran kasus Covid-19. Tiga Kecamatan itu adalah Betoambari, Wolio dan Kokalukuna.

“Tiga kecamatan ini akan menjadi fokus kami. Kita maksimalkan penyemprotan disinfektan dan edukasi tanpa mengesampingkan kecamatan lainnya,” ucap Wahyu, Kamis 14 Mei 2020.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Baubau ini, pihaknya bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan melakukan penyemprotan disinfektan terus-menerus di lingkungan rumah yang terdapat kasus positif Covid-19.

Gugus Tigas juga akan menurunkan tim khusus dari Aliansi Profesi Kesehatan (Aplik) yang terdiri dari organisasi dokter, perawat, apoteker, gizi dan organisasi profesi kesehatan lainnya. Tim inilah yang berperan mengedukasi masyarakat.

Kata Wahyu edukasi rutin ke masyarakat diharapkan warga memahami untuk kemudian mematuhi pentingnya isolasi mandiri demi meminimalisir persebaran virus Corona. Apalagi jika misalnya ada warga yang setelah dilakukan swab tes hasilnya positif.

“Tim Aplik akan memberikan edukasi kepada warga baik melalui media publik, komunikasi langsung atapun dengan menggunakan mobil keliling,” imbuhnya.

Iklan Pangdam Ucapan Selamat kepad Kapolda