oleh

Nakes di Baubau Bakal Jadi Sasaran Pertama Vaksinasi Covid-19

-BAUBAU-195 dibaca

Penulis : Ardilan

BAUBAU – Juru Bicara (Jubir) Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), dr. Lukman mengungkapkan pihaknya bakal menjadikan tenaga kesehatan (Nakes) sebagai target pertama vaksinasi Covid-19.

Langkah itu diambil menyesuaikan dengan strategi Nasional. Sebab, nakes dianggap sebagai kelompok paling rentan terpapar Covid-19.

Ia menyebut, nakes di Kota Baubau saat ini berjumlah hampir 1000 orang dengan mayoritas bekerja di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Palagimata.

“Sekitar 300 orang diantaranya bertugas di RSUD Baubau di Palagimata. Vaksin ini cuma salah satu alternatif penyelesaian Covid-19. Cara ampuh lainnya adalah pencegahan dengan disipilin menerapkan protokol kesehatan seperti rajin cuci tangan, pakai masker dan jaga jarak,” ucap dr. Lukman, Kamis 19 November 2020.

Direktur RSUD Palagimata ini mengakui rata-rata semua pasien positif Covid-19 yang tertular karena mengabaikan protokol kesehatan. “Protokol kesehatan yang dilanggar menyebabkan terjadinya transmisi (Penularan),” ujarnya.

Terkait vaksinasi, dr. Lukman menerangkan sejauh ini Satgas Covid-19 Kota Baubau tengah memberikan pelatihan kepada tenaga-tenaga yang akan melakukan pemvaksinan.

“Kita sudah lakukan lakukan dan siapkan melatih petugas-petugas yang akan memberikan vaksin nanti,” tuturnya.

Terkini