oleh

PMI Baubau Mulai Galang Donasi untuk Korban Gempa Sulbar

-BAUBAU-288 dibaca

Penulis : Ardilan

BAUBAU – Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) mulao menggalang donasi untuk membantu korban gempa bumi yang menimpa daerah Mamuju dan Majene di Sulawesi Barat (Barat).

Ketua PMI Kota Baubau, Yulia Widiarti mengungkapkan pihaknya mulai membuka posko donasi sejak Sabtu 16 Januari 2021 atau mulai dua hari lalu di pantai Kamali sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama anak bangsa.

Ia mengatakan pembukaaa posko penggalangan dana juga merupakan instruksi langsung dari Ketua Umum (Ketum) PMI, Jusuf Kalla. PMI Sultra juga menginstruksikan pembukaan donasi dan pembentukan relawan.

“Setelah ini kalau masih dibutuhkan kita akan bentuk relawan untuk dikirim ke Mamuju dan Majene. Sudah dua hari ini berjalan. Ada juga salah satu organisasi yang ikut gabung dengan kami yaitu Maluku satu rasa,” ucap Yulia Widiarti kepada MEDIAKENDARI.Com ditemui Senin 18 Januari 2021.

Ia menyebut, pihaknya menerima donasi bagi para dermawan yang ingin menyumbang dalam bentuk uang, obat-obatan serta makanan terkecuali sumbangan dalam bentuk pakaian tidak diterima.

“Itu sih yang kebutuhan-kebutuhan dasar. Ini akan kami tutup donasi setelah adik-adik dari korp sukarela (KSR) dan palang merah remaja (PMR) keliling ke kantor-kantor organisasi perang daerah (OPD), instansi vertikal hingga BUMD di Kota Baubau sampai tanggal 20 Januari. Setelah itu hasilnya akan kita lihat apakah dikirim ke provinsi atau dikirim langsung,” terangnya.

Terkait donasi dalam bentuk barang (Obat-obatan dan makanan), wanita yang akrab disapa Yuli ini mengaku pihaknya punya armada mobil untuk mengirimkan barang tersebut apabila diperlukan.

Ia juga belum merinci secara pasti jumlah donasi yang terkumpul selama dua hari terakhir ini.

“Saya belum bisa pastikan (Jumlah donasi terkumpul) karena beberapa malam ini ada Rp 2 juta, Rp 3 juta. Kemarin ada paket tapi mungkin kita simpan saja. Kalau kurang lebih Rp 10 juta ada lah sekarang,” ujarnya.

Ia menambahkan pihaknya juga menerima informasi terdapat bantuan donasi yang sama untuk korban gempa bumi di Sulbar dari Kabupaten Buton Selatan (Busel) yang akan bergabung dengan PMI Kota Baubau.

“Yang lain kan mungkin kesulitan mau menyalurkan kemana (Hasil donasinya). Tapi kalau kita kan jelas. Disana ada posko PMI juga,” pungkasnya.

Terkini