oleh

Sukseskan Sensus Online, Pemkot Baubau Terima Penghargaan dari BPS RI

-BAUBAU-176 dibaca

Sukseskan Sensus Online, Pemkot Baubau Terima Penghargaan dari BPS RI

Penulis : Ardilan

BAUBAU – Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau Sulawesi Tenggara (Sultra) dinilai berhasil menyukseskan program sensus online. Atas capaian ini, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Republik Indonesia (RI) Suhariyanto memberikan piagam penghargaan kepada Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin yang diserahkan melalui Kepala BPS Kota Baubau, Sudirman K.

Sudirman K mengungkapkan penghargaan yang diberikan kepada Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin merupakan apresiasi karena telah mendukung kegiatan sensus online di daerah itu.

“Sensus penduduk online yang dilakukan sejak Februari hingga akhir Mei 2020 melebihi target partisipasi penduduk. Responnya cukup tinggi dari masyarakat,” ucap Kepala BPS Kota Baubau, Sudirman K saat menyerahkan penghargaan BPS RI di Rumah Jabatan (Rujab) Wali Kota Baubau, Selasa 11 Agustus 2020.

Kata dia, pencapaian sensus di Kota Baubau mencapai 48 persen dari total jumlah penduduk. Hasil ini jauh lebih tinggi dibandingkan daerah lain yang hanya berkisar 20-24 persen.

Penghargaan dari BPS RI ke Wali Kota Baubau, Dr AS Tamrin atas keberhasilan sensus penduduk Online. Foto : Ardilan

Menurutnya, hal itu terjadi berkat dukungan dari Pemkot atau dalam hal ini karena pengaruh dari orang nomor satu di Bumi eks Pusat Kesultanan Buton tersebut.

Sedangkan bagi penduduk Kota Baubau yang belum mengikuti sensud online, BPS akan melakukan sensus penduduk dari rumah ke rumah pada September 2020. Saat ini, beber Sudirman, pihaknya tengah merekrut 125 petugas sensus.

“Alhamdulillah, pak Wali Kota juga sudah menandatangani dukungan untuk sensus offline. Saya belum bisa mengetahui pasti total jumlah penduduk Baubau. Karena masih ada sekitar 52 persen sisa penduduk belum berpartisipasi dalam sensus secara online,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Baubau, AS Tamrin mengaku mendukung penuh kegiatan sensus penduduk yang dilakukan BPS. Ia juga bahkan mengapresiasi dan memberikan pujian atas kegigihan pihak BPS yang giat bertugas ditengah pandemi Covid-19 yang belum mereda.

“Saya imbau masyarakat memberikan informasi akurat ke petugas sensus karena data-data statistik ini sangat penting dalam hal menghasilkan suatu perencanaan yang komprehensif khususnya bagi kami Pemkot Baubau,” pinta Wali Kota Baubau dua periode ini.

Terkini