oleh

Upaya Pulihkan Ekonomi, Dinas Pertanian Baubau Siapkan Bibit Holtikultura

-BAUBAU-131 dibaca

Penulis : Ardilan

BAUBAU – Dinas Pertanian Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyiapkan anggaran sekitar Rp 1 miliar untuk rencana pembelian bibit komoditas holtikultura sebagai langkah pemulihan ekonomi di daerah itu.

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian Kota Baubau, Muhammad Rais mengungkapkan bibit holtikultura itu rencananya bakal diberikan kepada kelompok petani terdampak Covid-19. Hanya saja, Rais tidak merinci dengan jelas jumlah kelompok tani yang akan dibagikan bantuan dimaksud.

Ia menyebut, selain bibit pihaknya juga bakal membagikan obat-obatan untuk tanaman.

“Kita pilih sayuran holtikultura karena cepat panen. Ini supaya petani cepat mendapatkan hasil karena komoditas itu lah yang harganya sedang normal. Sedangkan komoditi lainnya seperti jagung dan beras sedang anjlok harganya,” ucap Kadis Pertanian, Muhammad Rais ditemui di kantor Bappeda Baubau, Rabu 19 Agustus 2020.

Ia menerangkan sumber anggaran untuk rencana pembelian bibit holtikultura tersebut berasal dari Anggaran Dana Insentif Daerah (DID). Sedangkan sisa anggaran dari DID untuk Dinas Pertanian, kata dia, bakal dipakai untuk pembangunan saluran irigasi persawahan yang terletak di Kecamatan Bungi.

Rais juga berharap adanya bantuan bibit Holtikultura nantinya dapat meringankan beban petani dari sisi ekonomi yang terdampak akibat adanya pandemi Corona. Terkait pengadaan bibitnya, Rais mengaku apabila anggarannya sudah ada pihaknya akan langsung menyiapkannya.

“Yang jelas program ini akan terselesaikan semua di tahun ini juga,” ujarnya.

Terkini