oleh

Vaksinasi Kemerdekaan di Polres Baubau Tidak Berakibat Kerumunan

Penulis : Ardilan

Redaksi

BAUBAU – Polres Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Baubau menggelar vaksinasi kemerdekaan menjelang hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) ke-76 dengan menyasar seribu masyarakat di wilayah hukumnya, Sabtu 14 Agustus 2021.

Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari mengatakan proses vaksinasi berlangsung tertib dan tidak berakibat kerumunan karena pihaknya mengatur sedemikian rupa agar peserta yang mengikuti vaksin tidak berkerumun dengan menempatkan aparat disetiap titik lokasi vaksin dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat diantaranya peserta vaksin memakai masker.

Ia mengungkapkan vaksinasi ini merupakan program lanjutan vaksinasi nasional yang tersebar di sembilan titik kantor Mapolres Baubau yang berlangsung sehari dimulai sejak pagi sampai sore.

“Sasaran utama vaksinasi massal kali ini adalah warga yang akan menjalani vaksinasi tahap ke II, namun bagi peserta vaksin pemula juga tetap dilayani. Tentunya kegiatan ini untuk membentuk kekebalan kelompok di kota Baubau,” ucap Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari.

Ia menyebut, pihaknya juga menyediakan layanan vaksinasi di RS Bhayangkara Polres Baubau setiap harinya. Kegiatan yang sama juga berlangsung di Kabupaten Buton Tengah selaku wilayah hukum Polres Baubau yang dipantau oleh masing-masing Polsek.

Sementara itu, Kepala Bidang Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Baubau, Marfiah Tahara menambahkan pihaknya menyediakan stok vaksin yang lebih dari seribu dosis untuk persiapan melayani bila peserta vaksinasi melebih targetnya hari ini.

“Kami siapkan lebih seratus tenaga kesehatan. Kita bagi setiap titik ada 14 tenaga vaksinator,” ujarnya.

Marfiah menegaskan pihaknya belum akan kehabisan stok dosis vaksin Covid-19 jenis sinovac. Pasalnya, bila habis pihaknya tinggal meminta kepada Dinkes Sultra.

“Tahap kedua vaksinasi kemerdekaan akan berlangsung di puskemas masing-masing warga sesuai dengan domisili,” imbuhnya.

Terkini