oleh

Wali Kota Baubau: MTQ Tahun Ini Ujian Pertama Pengurus Baru LPTQ

Reporter: Ardilan – Editor: La Ode Adnan Irham

BAUBAU – Wali Kota Baubau, AS Tamrin mengatakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-XI tingkat Kota tahun 2020, menjadi ujian perdana pengurus baru Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ).

Politisi PAN ini menginginkan kepengurusan LPTQ yang baru dikukuhkan, dapat melaksanakan konsolidasi internal kelembagaan dalam rangka evaluasi peran, tugas dan fungsi demi kemajuan LPTQ.

“Semangat pawai dapat mengantarkan generasi Qur’ani, bahwa begitu besarnya kecintaan terhadap Al Qu’an. Saya apresiasi semangat peserta dalam melakukan pawai Ta’ruf. Semoga ini bukan hanya sekedar menggapai prestise, tetapi lebih dari itu mampu diaktualisasikan,” ungkap AS Tamrin saat membuka kegiatan MTQ XI melalui rilis yang diterima Mediakendari.com, Minggu malam 23 Februari 2020.

Wali Kota Baubau, AS Tamrin saat mengukuhkan dewan hakim dan pengurus LPTQ Baubau di Pelataran Kotamara, Minggu 23 Februari 2020. Dokumentasi Kemenang Baubau

Doktor jebolan IPDN itu menyebut, MTQ merupakan dialektika antara budaya dan agama, sehingga diharapkan mampu mewujudkan harmonisasi sosial yang sejuk dan menumbuh kembangkan kegiatan keagamaan secara serasi, selaras dan seimbang.

“Apalagi dalam sejarah Kota Baubau ini lahir dan dibesarkan dalam nuansa islam. Budayanya pun tidak terpisahkan dengan nilai-nilai Islam, sehingga kita tidak menginginkan nuansa islam itu redup disaat masyarakat dunia bersimpati dengan islam,” bebernya.

Melalui momentum MTQ ini, Ia pun mengajak masyarakat menjadikan ajang perenungan dan motivasi diri untuk meningkatkan pengetahuan dan pengamalan nilai-nilai universal Al Qur’an.

Sebagaimana target dari MTQ yakni menjadikan Al Qur’an melekat dalam kehidupan masyarakat, dan Al Qur’an bisa dibaca serta dicintai setiap orang.

Ia juga menitip pesan kepada dewan hakim agar menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab. Pilih peserta yang layak agar dapat menjadi duta Kota Baubau.

“Kepada peserta saya ucapkan selamat berlomba. Tanamkan dalam diri masing-masing bahwa kalianlah yang layak menjadi duta Kota Baubau. Sebab dengan tekad itu, kalian akan tampil maksimal,” pintanya.

Untuk diketahui acara pembukaan turut dihadiri, Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse selaku Ketua LPTQ Kota Baubau, Ketua DPRD Baubau, Zahari, unsur Forkopimda, para Asisten, Staf Ahli, kepala OPD lingkup Pemkot Baubau, Kepala kantor Kementerian Agama Kota Baubau.

Hadir pula Pimpinan Instansi Vertikal lingkup Kota Baubau, Camat, Lurah, KUA, Organisasi Wanita, Majelis Ta’lim, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan para Dewan Hakim serta seluruh Khafilah MTQ.

Terkini